5 Tanda Tak Cocok Pakai Skin-care

Kategori: Kesehatan Diposting oleh : Administrator Dibaca : 118 kali Pada : Jumat, 22 September 2017 - 10:26:58 WIB

Ada banyak alasan mengapa akhirnya orang memakai sebuah produk skin-care. Bisa karena memang butuh, tergiur review selebgram dan beauty blogger, sampai cuma sekadar coba-coba. Sayangnya, tidak semua produk skin care cocok pada setiap jenis kulit. Produk yang sama, mungkin berimbas sangat baik pada kulit wajah orang lain, tapi berbanding terbalik jika diaplikasikan pada kulit wajahmu.

Untuk itulah ada baiknya untuk tidak asal ikut-ikutan tren saja, namun juga jeli terhadap kandungan dan komposisi pada produk skin-care yang akan digunakan. Jika memang ternyata kulit wajahmu mengalami tanda berikut ini, ada baiknya segera hentikan pemakaian produk tersebut.

1. Kulit terasa gatal, yang biasanya disebabkan oleh sensitivitas formula skin-care

Salah satu tanda awal yang diberikan kulit sebagai peringatan bahwa produk skin-care yang kita pakai tidak cocok adalah timbulnya rasa gatal. Biasanya hal ini disebabkan oleh sensitivitas formula dalam skin care berupa fragrance. Fragrance merupakan komposisi untuk memberikan aroma wangi pada produk skin-care. Jika kamu mengalami hal ini, jangan menggaruknya dengan menggunakan kuku agar kulit tidak lecet. Segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter jika gatal tidak kunjung menghilang.

2. Adanya ruam pada wajah. Retinol jadi salah satu penyebab utamanya

Tak hanya kulit sensitif, kulit normal juga berpeluang untuk dapat mengalami ruam kemerahan pada wajah. Salah satu pemicunya adalah zat bernama retinol. Kandungan ini sebenarnya baik untuk menyamarkan flek hitam pada kulit. Namun, jika dosisnya terlalu berlebihan, retinol justru malah akan memicu timbulnya efek samping yang cukup besar. Jadi, pastikan cek baik-baik kandungan zat ini pada skin-care yang akan kamu pakai ya.

3. Kulit menjadi kering, bersisik bahkan sampai serasa ditarik. Artinya, kadar alkohol dalam skin care tersebut terlalu tinggi

Ternyata, kulit kering memang jadi satu tanda bahwa wajah kita tidak cocok dengan produk skin-care yang digunakan. Hal ini disebabkan karena beberapa skin-care menambahkan alkohol dalam komposisinya. Nah, kadar alkohol yang terlalu tinggi dapat memicu kulit menjadi kering dan serasa ditarik.

4. Kulit mengelupas secara ekstrim. Bisa karena alergi atau juga efek dari kandungan dalam skin-care yang digunakan

Beberapa produk skin care memang ada yang mencantumkan bahwa efek samping awal pemakaian adalah kulit yang mengelupas. Namun, kamu patut waspada jika mengalami hal ini padahal tidak terdapat keterangan tersebut pada kemasan. Kulit mengelupas bisa terjadi karena alergi atau efek dari kandungan yang bekerja. Tak perlu panik yang berlebihan, jika mengalaminya cukup hentikan pemakaian agar kulit tidak semakin menipis.

5. Komedo dan jerawat yang harusnya pergi malah justru timbul, bahkan hingga meradang

Kondisi ini disebut breakout, di mana kulit justru bermasalah dengan munculnya komedo dan jerawat yang meradang usai penggunaan skin-care. Hal ini bisa dikarenakan efek samping kandungan silikon. Produk-produk yang mengandung silikon memang memiliki tekstur yang ringan dan lembut saat pertama kali diaplikasikan. Namun, produk ini ternyata juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Nah, jika mengalami satu atau bahkan semua hal di atas pasca mengenakan sebuah produk skin-care, sudah bisa dipastikan bahwa produk tersebut tidak cocok diaplikasikan pada kulit wajahmu. Hentikan hingga kulit benar-benar pulih seperti semula untuk kemudian bisa mencoba jenis produk skin care yang lain.

Sumber Berita: http://www.hipwee.com


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar

Polling

FB Fan Page